Dongkrak Daya Saing UKM, Sampoerna Gelar Pesta Retail Nasional

Komitmen PT HM Sampoerna Tbk untuk kemajuan UKM Indonesia lewat Sampoerna Retail Community (Dok. Sampoerna)

PT HM Sampoerna Tbk menggelar pesta retail nasional sebagai bentuk apresiasi dan wadah yang bertujuan pendobrak produktivitas, daya saing dan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Khususnya ritel tradisional yang tergabung dalam Sampoerna Retail Comunity (SRC).

Kepala Urusan Komersial dan Pengembangan Bisnis Sampoerna Henny Susanto mengatakan, hal tersebut sebagai komitmen perusahaan mendukung pemerintah membangun dasar ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UKM di Indonesia.

“Investasi jangka panjang perusahaan berfokus pada program-program pemberdayaan yang memberikan dampak bagi pertumbuhan perekonomian bangsa dengan melakukan pendampingan terhadap pelaku Retail tradisional,” ujarnya di Ice BSD seperti diberitakan Jumat (23/11).

Sementara Direktur Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Agung Pambudhi mengatakan, industri Retail tradisional masih memiliki ruang upagar dapat terus bertumbuh. Hal tersebut tercermin dari data Badan Pusat Statistik (BPS) 2016 yang menyebut sektor Retail memiliki kontribusi 15,24 persen terhadap PDB dan menyerap tenaga kerja sebesar 22,4 juta atau 31,81 persen dari tenaga kerja non pertanian.

Selain itu, lanjutnya, distribusi toko Retail Indonedia 2017 masih didominasi oleh toko tradisional sebesar 82,3 persen. Data ini memperlihatkan masih agresifnya strategi pembukaan toko retail tradisional yang dinilai lebih efektif

“Hingga kini toko tradisional masih menjadi tempat favorit belanja karena faktor lokasi dan kemudahan mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari. Yang juga tak kalah penting adalah katanya nilai-bilai sosial dalam hubungan antara retail tradisional dengan para pembeli,” tuturnya.

Agung menambahkan, saat ini banyak peritail tradisional maupun UKM yang akhirnya mampu meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka karena mendapatkan bantuan dan dukungan dalam hal penerapan sistem retail modern skala terbatas, seperti penataan barang, kontrol inventaris barang, pencatatan penjualan dan keuangan, serta dukungan IT sederhana.

Sumber: Jawa Pos

Berita Lainnya
Kami menggunakan kuki (dan teknologi serupa lainnya) untuk: mengoperasikan situs dan mengingat preferensi Anda, memperbaiki situs dengan mengumpulkan data mengenai penggunaan oleh Anda, melacak alat Anda di situs ini dan situs-situs lainnya, sehingga kami dapat menawarkan pengalaman pemasaran yang lebih dipersonalisasi, dan mempersonalisasi konten komunikasi kami dengan Anda agar dapat menyesuaikan preferensi Anda. Dengan klik ‘Saya menyetujui semuanya’ Anda menyetujui penggunaan kuki kami ini. Atau jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai kuki yang kami gunakan, atau mematikan jenis-jenis tertentu, klik di ‘Ketahui lebih lanjut'. Data pribadi mengenai Anda yang kami kumpulkan akan digunakan seperti yang dijelaskan pada Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat mengganti sewaktu-waktu dengan mengikuti tautan ‘preferensi kuki' yang dapat ditemukan di Pemberitahuan Kuki kami