Jatuh Bangun Ketut Suarjana Dalam Mengembangkan Bisnis

Pemilik SRC Jevamart, Ketut Suarjana, berbagi rezeki kepada warga di Buleleng, Bali (Dok. Sampoerna)

Pemilik SRC Jevamart, Ketut Suarjana, berbagi rezeki kepada warga di Buleleng, Bali (Dok. Sampoerna)

Jevamart berkembang pesat setelah Ketut bergabung dengan Sampoerna Retail Community. Pendampingan berkelanjutan selama lebih dari 8 tahun menjadi kunci suksesnya.

I Gusti Ayu Dian Manik Parmuti tak menyangka awal perjalanan pernikahannya dengan Ketut Suarjana diwarnai berbagai tantangan. Kekuatan cintanya diuji kala berbagai masalah melingkupi berbagai cobaan sejak hari kelima ia melahirkan putri pertama mereka, Putu Ferlia Wintan Jevania, pada 2005. Meski tak mudah, Dian tak menyerah. Ia setia menanti.

Kesetiaan Dian menjadi penguat bagi Ketut untuk meniti kehidupan yang lebih baik. Jatuh bangun ia membangun usaha. Dari omzet ratusan ribu rupiah per hari hingga sekarang mencapai Rp 28 juta per hari. Bahkan, kini Jevamart bisa menghidupi puluhan toko kecil di Seririt, Buleleng, Bali. 

Jevamart berkembang pesat setelah Ketut bergabung dengan Sampoerna Retail Community (SRC). Ketut mengisahkan, setelah keluar dari permasalahan yang membelenggu keluarga, ia dan istrinya membuka sebuah warung kelontong berukuran 3x3 meter, dengan modal Rp 750.000. Hanya berlangsung tiga bulan, usahanya bangkrut.

Dian dan Ketut tak menyerah. Mereka kembali membuka usaha sejenis dengan modal yang lebih besar, Rp 1,7 juta. Enam bulan berjalan, tokonya kembali bangkrut.

Ketut belum menyerah. Toko dihidupkan lagi dengan modal pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp 28 juta dari seorang rekannya. Pelan tapi pasti, tokonya mampu bertahan.

Pada 2010, Ketut didatangi tim dari SRC yang mengajaknya bergabung dan berkompetisi. Ia pun membenahi tokonya. Tak sia-sia, toko Ketut mendapatkan juara I dan menjadi modal motivasi dia serta keluarga untuk mengembangkan bisnis nya sesuai dengan panduan dan pendampingan tim Sampoerna khususnya dalam aspek manajemen keuangan.

Pada 2014, Jevamart mulai mempekerjakan tiga karyawan hingga saat ini. Layanan yang diberikan juga semakin beragam. Tak hanya menyediakan kebutuhan sehari-hari, Jevamart juga menyediakan aneka juice dan penganan. Lokasinya yang strategis membuat toko ini semakin berkembang. Kini, Jevamart telah menjadi supplier bagi toko-toko lain di sekitar Buleleng.

Ketut dan Dian punya mimpi. Suatu saat, Jevamart akan menjadi toko grosir yang menghidupi lebih banyak orang dan lebih banyak toko. Tahun depan, Jevamart akan dikembangkan dengan ukuran yang lebih luas dari ukuran saat ini. 

10 %
KENAIKAN PERTUMBUHAN
USAHA
0
TOKO SRC
BINAAN

“Awal 2010-2011 cari modal usaha di bank, bisa buat bangunan hanya 5x6 meter. Pada 2013 saya ada perehaban toko menjadi 6x13 meter. Rencana tahun depan bongkar toko jadi 6x20 meter. Ingin dibuat seperti minimarket, doakan saja,” ujar Ketut. Prinsipnya, kata Ketut, dalam menjalankan usaha jangan kenal kata menyerah.

Ketut tak ingin menjadi kacang lupa kulit. Ia merasa, perkembangan usahanya pesat karena pendampingan dan wawasan yang didapatkan setelah bergabung dengan SRC. Kini, ia rutin berbagi kisah suksesnya dengan sesama pemilik toko yang bergabung dalam Paguyuban SRC di Buleleng.

“Ada 40 toko yang hidup seperti saya. Ada beberapa teman dulu juga di dunia hitam, sekarang sudah taubat kembali ke jalan yang benar,” kata pria kelahiran 27 Maret 1981 ini.

Selama lebih dari 10 tahun, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) secara konsisten berkomitmen memberdayakan usaha kecil dan menengah melalui program-program
yang memberikan dampak pada pertumbuhan perekonomian bangsa. Komitmen kami ini adalah upaya Sampoerna dalam mendukung pemerintah guna mengakselerasi kemandirian prekonomian baik nasional maupun daerah dan semangat ini kami tuangkan dalam payung program perusahaan yaitu ‘Sampoerna untuk Indonesia’. #AYOUKMIndonesia

Kisah Sukses Lainnya
Kami menggunakan kuki (dan teknologi serupa lainnya) untuk: mengoperasikan situs dan mengingat preferensi Anda, memperbaiki situs dengan mengumpulkan data mengenai penggunaan oleh Anda, melacak alat Anda di situs ini dan situs-situs lainnya, sehingga kami dapat menawarkan pengalaman pemasaran yang lebih dipersonalisasi, dan mempersonalisasi konten komunikasi kami dengan Anda agar dapat menyesuaikan preferensi Anda. Dengan klik ‘Saya menyetujui semuanya’ Anda menyetujui penggunaan kuki kami ini. Atau jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai kuki yang kami gunakan, atau mematikan jenis-jenis tertentu, klik di ‘Ketahui lebih lanjut'. Data pribadi mengenai Anda yang kami kumpulkan akan digunakan seperti yang dijelaskan pada Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat mengganti sewaktu-waktu dengan mengikuti tautan ‘preferensi kuki' yang dapat ditemukan di Pemberitahuan Kuki kami